Rumah Joglo 1 Rumah Joglo 2 Rumah Joglo 3 Rumah Joglo 4 Rumah Joglo 5 Rumah Joglo 6 Rumah Joglo 7 Rumah Joglo 8 Rumah Joglo 9 Logo
01 / 10

Rumah Joglo 1

02 / 10

Rumah Joglo 2

03 / 10

Rumah Joglo 3

04 / 10

Rumah Joglo 4

05 / 10

Rumah Joglo 5

06 / 10

Rumah Joglo 6

07 / 10

Rumah Joglo 7

08 / 10

Rumah Joglo 8

09 / 10

Rumah Joglo 9

10 / 10

Logo

Sistem Knockdown pada rumah Limasan

Rumah Limasan memiliki sistim struktur knockdown yang sangat simple, sehingga sistim struktur ini masih dipakai sampai saat ini. Sambungan-sambungan kayu di perkuat dengan sistim sundhuk, sehingga kelenturan daya elastisitas material kayu dapat memberikan gerakan-gerakan tertentu yang dapat meredam getaran atau goncangan akibat dari pergeseran tanah atau gempa bumi. Hal ini dimungkinkan karena mereka belajar dari nenek moyang terdahulu yang sudah merasakan bahaya gempa bumi terhadap bangunan. Pembelajaran sistim sederhana ini harus dilestarikan sebagai nilai sejarah dan nilai estetika struktur yang harus dikembangkan sebagai sistim-sistim yang lebih modern.

 

 

Sistim knockdown dan hal ini menjadikan rumah dapat dipindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal tersebut dimungkinkan, karena material kayu pada dahulu kala sangat banyak dan sangat bagus sebagai rumah tinggal. Keseluruhan sambungan konstruksinya dapat dilepas dan disatukan kembali tanpa merusak bentuk dan keindahan rumahnya. Hal itu terbukti, bahwa sampai saat ini banyak peninggalan rumah-rumah Jawa seperti Rumah Limasan dan Rumah Joglo masih berdiri tegak dan masih dapat diperbaharui pembuatannya.

Google Map

Contact Us

Email:
Subject:
Message:

Please publish modules in offcanvas position.